Rabu, 01 Juni 2011 di 00.26 Diposting oleh Jaya'x 0 Comments

Goa Gajah merupakan salah satu object wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, karena disamping berekrerasi kita juga dapat melihat peninggalan-peninggalan sejarah yang harusnya kita ketahui. Goa Gajah disebut juga pura karena konon merupakan tempat pertapaan dan sebagai tempat memuja dewa Siwa dan Buddha. Di goa gajah kita dapat menemukan sebuah Goa yang gapuranya bermotifkan kepala gajah. Bentuk dari goa seperti huruf “T”, dimana kita disana dapat melihat adanya tiga peninggalan didalamnya yaitu arca kepala untuk memuja ratu kompiang (berada di sebelah tengah), dan arca Ganesha berada di sebelah kiri goa diyakini sebagai sumber pengetahuan, serta di sebelah kanan goa terdapat trilingga. Sebelum kita menemui peninggalan – peninggalan tersebut, kita akan terlebih dahulu kita akan menemui tempat – tempat pertapaan di dinding goa dan menurut tulisan yang terdapat di sebelah timur goa bahwa goa gajah didirikan pada abad 11.


Selain terdapat sebuah goa, object wisata goa gajah juga terdapat tujuh pancoran yang dipercayai sebagai lambang tujuh sungai penting yang sangat di hormati di India. Pancuran tersebut biasanya dipergunakan sebagai tempat pengelukatan untuk muka dan tangan. Dan juga terdapat tempat pengelukatan lain dibawah permukaan utama pura yang proses melukatnya berupa mandi. Serta terdapat juga sebuah pura diseberang pura utama dimana merupakan tempat pemujaan dewa Buddha dan terdapat archa Buddha didalamnya. Object wisata Goa Gajah juga sangat berkaitan dengan object wisata Yeh Pulu dimana kita dapat berjalan kesana sekitar dua puluh menit namun dapat juga kesana dengan kendaraan. Jaraknya dari Denpasar Kurang lebih 26 Km.  
Wisata ini di lingkupi oleh persawahan dengan keindahan ngarai sungai Petanu, sangat mudah dicapai karena ada pada jalur berada pada jalur wisata Denpasar – Tampaksiring – Danau Batur – Kintamani. Dan di dekat goa gajah anda dapat menemukan sebuah pura yang dinamai pura samuan tiga. Jika anda berjalan sekitar 100 m anda telah sampai ke pura samuan tiga tersebut. Pura Samuan Tiga akan ramai pada hari – hari tertentu pada saat itu semua umat dari seluruh gianyar akan sembahyang kesana untuk meminta keselamatan. Biasanya setelah sembahyang ke pura Samuan Tiga tersebut biasanya orang – orang akan lanjut bersembahyang ke tampak siring karena akan sangat lengkap rasanya jika dilakukan secara berurutan.
Sebelum memasuki areal goa gajah seperti object wisata pura lainnya anda akan disuruh untuk menyewa sebuah kain seperti di bali disebut kamen serta sebuah selendang untuk memsauki goa gajah. Setelah anda memakai busana tersebut barulah anda bisa memasuki areal goa gajah disana anda dapat melihat banyak kolam serta goa. Kekunaan disini bisa dilihat dari Peninggalan Purbakala. Di pelataran Pura Goa Gajah terdapat Petirtaan Kuna 12 x 23 M2, terbagi atas tiga bilik. Dibilik utara terdapat tiga buah Arca Pancuran dan di bilik Selatan ada Arca Pancuran pula, sedangkan di bilik tengah hanya terdapat apik arca. Di sekitar goa juga terdapat kolam pertitaan dengan tujuh patung widyadara-widyadari yang sedang memegang air suci. Konon ketujuh pancuran ini sebagai perlambang tujuh sungai penting yang sangat dihormati di India.

Kompleks goa dan tempat pemandian berada di sebelah barat sungai Petanu. Sedangkan pada bagian sebelah timur dapat ditemukan goa alami dan jenis patung-patung Budha serta pahatan-pahatan batu tebing yang sebagian besar telah jatuh di pinggiran sungai yang juga akibat gempa bumi.

0 Responses so far.

Posting Komentar